Sabtu, 19 Juni 2010

BUJUR SANGKAR AJAIB

Ini mungkin agak menyimpang dari dunia teknik sipil, tapi bujur sangkar ajaib ini sengaja saya masukkan dalam materi blog saya karena agar para pembaca blog tau keajaiban dari matematika dan harapannya agar para pembaca nantinya lebih mencintai matematika. Karena dalam teknik sipil sendiri kita tidak akan terpisahkan dari yang namanya persamaan matematika.

Bujur sangkar ajaib adalah sebuah peramainan penjumlahan matematika dimana kita akan memasukkan angka-angka secara acak dari angka 1 sampai n (tergantung jumlah kotak yang terdapat dalam bujur sangkar) sampai terbentuk susunan angka dalam bujur sangkar tersebut yang apabila kita jumlahkan kearah horizontal, vertikal, maupun diagonal akn menghasilkan hasil yang sama. Sebenarnya bujur sangkar ajaib adalah permainan matematika yang sudah lama dikenal dan banyak yang sudah memahaminya dengan baik, tapi bagi para pemula matematika mungkin masih belum memahami gimana cara membuat permainan ini apalagi kalau sampai dengan jumlah kotak yang banyak. Untuk itu disini saya mencoba untuk memberikan sedikit pengetahuan yang saya punya mengenai permainan ini dan bagiamana cara membuatnya. Sebelumnya, cara yang akan saya gunakan disini adalah khusus untuk bujur sangkar yang memiliki jumlah kotak ganjil (3x3, 5x5, 7x7, 9x9, 11x11,….. dst). Dan yang akan saya gunakan sebagai contoh disini adalah bujur sangkar dengan jumlah kotak 5x5.


Gambar Contoh Bujur Sangkar Ajaib 5x5


Cara Membuat:
1.Langkah pertama yang kita lakukan untuk membuat bujur sangkar ajaib dengan jumlah kotak kelipatan angka ganjil adalah meletakkan angka pertama (1) pada tengah atas kotak atau baris pertama kolom ketiga pada contoh bujur sangkar 5x5



2.Kemudian langkah selanjutnya adalah meletakkan angka 2 pada kolom sebelah angka pertama tapi pada baris paling akhir (baris kelima kolom keempat). Itu adalah dua langkah awal yang selalu kita lakukan dalam membuat bujur sangkar ajaib untuk bujur sangkar dengan jumlah kotak kelipatan angka ganjil.



3.Selanjutnya adalah menyusun angka secara urut dalam arah diagonal pada bujur sangkar



4.Jika penyusunan angka secara diagonal terhenti oleh batas garis tepi (seperti gambar di atas), maka angka selanjutya dialihkan ke baris diatasnya dan kolom paling ujung dari bujur sangkar (baris ketiga kolom pertama dalam contoh) kemudian angka disusun kembali dalam arah diagonal seperti awal.



5.Jika penyusunan angka terhenti kembali tapi oleh kotak yang sudah terisi oleh angka sebelumnya (seperti gambar di atas), maka angka selanjutnya cukup dialihkan ke kotak dibawahnya (baris ketiga kolom kedua dalam contoh) kemudian penyusunan angka dilanjutkan kembali.



6.Jika penyusunan angka terhenti kembali, kali ini oleh garis tepi sebelah atas (seperti gambar di atas), maka angka selanjutnya dialihkan ke kolom sebelahnya pada baris paling akhir (baris kelima kolom keempat dalam contoh). Kemudian angka disusun kembali secara diagonal.



7.Penyusunan dilanjutkan terus dengan mengikuti langkah-langkah di atas sampai semua kotak terisi penuh dan menghasilkan nilai yang benar.



8.Setelah anda menemukan hasil yang benar maka langkah selanjutnya adalah mencoba kembali permainan diatas dengan jumlah kotak yang lebih banyak. Anda bisa mencobanya dengan teman-teman anda untuk meningkatkan kemampuan matematika anda. Jika anda terus mencoba permainan ini maka anda akan menemukan rahasia sebuah keajaiban dari matematika dan anda dapat menyusun permaianan ini dengan jumlah kelipatan angka yang lebih besar dengan mudah tanpa mengikuti langkah-langkah di atas. Langkah yang saya tampilkan di atas adalah berdasarkan visualisai saja bukan berdasarkan dari hukum matematika.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar